Senin, 09 Januari 2012

Desain pemodelan grafik

1.1. Desain Pemodelan Grafik

Saat ini saya akan membahas tentang Desain Pemodelan Grafik”. Mungkin kita sudah sering mendengan kata desain grafik, namun untuk desain pemodelan grafik hanya kalangan terbatas ataupun orang” yang bergelut di dunia desain ataupun IT. Desain Pemodelan Grafik adalah visualisasi atau pengekspresian nyata dengan proses baik berupa fisik, visualisasi yang berupa gambar, garis, ataupun bentuk lainnya yang bergabung dan membentuk untuk menjadi sesuatu yang lebih berharga.

1.2. Vektor ke Bitmap

Cara Manual :



• Gunakan program aplikasi yang menunjang konversi, misalnya Corel Draw

• Buatlah gambar secara bergaris dengan menggunakan “tools” pen atau fitur lainnya

• Simpan file



Program Instan :



• Credit by edyspatric using coreldraw

• Pilih “Bitmaps” pada menubar, lalu pilih Trace Bitmap

• Pilih salah satu tipe pada pilihan type

• Atur sesuai settingannya

• Simpan



Bitmap ke Vektor

Buka program pengolahan gambar vector

Save as sebagai file bitmap, misal simpan dalam ekstensi JPG, JPEG, BMP, GIF, TIF, TIFF, PCX, atau PNG



2.1. Manfaat Desain Pemodelan Grafik untuk Bidang Budaya

Desain pemodelan grafik dapat digunakan dalam berbagai macam hal. salah satunya dalam hal budaya. Kita dapat melihat desain grafik pada bidang budaya, misalnya seperti pahatan batu pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik. Desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.



2.2. Peranan Desain Pemodelan Grafik Dalam Interaksi Manusia Dengan Komputer Bagian 2

Setelah dijelaskan bagaimana hubungan interaksi antara manusia dengan komputer di bab sebelumnya disini saya akan mengvisualisasikan kerjasama tersebut melalui contoh, antara lain adalah pertama-tama adalah dari bentuk fisik atau hardware. Laptop di lengkapi webcam yang berfungsi juga untuk foto- foto atau video chatting dan banyaknya kabel usb yang dapat memudahkan proses perpindahan data dari laptop ke laptop melalui usb maupun harddisk ekternal selain itu dapat pula melalui bluetooth untuk mentrasfer data, dengan demikian laptop dibuat sedemiakian rupa baik dalam desain pemodelan grafik maupun fungsi yang untuk memudahkan user dalam mengerjakan segala aktifitasnya dengan laptop.



2.3. Interaksi manusia dan komputer

Interaksi manusia dan komputer sangat dibutuhkan dalam design pemodelan grafis, hal ini dikarenakan manusia yang menjalankan komputer karena tidak mungkin komputer dapat mengoperasikan sendiri, maka dibutuhkanlah tenaga manusia untuk menjalankan komputer tersebut dan pada komputer tersebut terdapat aplikasi yang memungkinkan untuk pembuatan design grafis yang diinginkan manusia. Sehingga akan menghasilkan sebuah karya yang memiliki nilai seni yang tinggi. Jelasnya, tidak ada individu dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan beberapa keahlian ilmu manusia.